Tips android terbaru | Trik bermain game android lengkap

Dampak Baterai Smartphone Terlalu Lama Dicharge

Dampak Baterai Smartphone Terlalu Lama Dicharge - Sering sekali kita menjumpai pertanyaan seputar baterai smartphone. Seperti dampak baterai jika terlalu lama dicharge atau isi ulang. Perilaku seperti ini mungkin untuk kamu yang biasa mengisi daya baterai pada saat malam hari menjelang tidur. Sambil tidur besoknya baterai sudah penuh dan siap digunakan aktifitas sehari-hari.

Baterai Smartphone Android

Saya sendiri juga sering melakukan charge seperti itu. Sekarang teknologi baterai dan IC sudah bagus. Jarang sekali kita menemukan masalah baterai yang drop dan melembung seperti wanita hamil. Karena smartphone sekarang sudah otomatis memutus arus listrik apabila baterai sudah penuh. Akan tetapi namanya barang elektronik bisa saja rusak. Beberapa kasus bahkan baterai bisa meledak. Kemungkinan terjadi IC smartphone tersebut sudah rusak. Sehingga tidak dapat mengontrol arus listrik yang masuk.

Terus bagaimana dampak jika terlalu lama charge baterai ?

Jawabannya tidak masalah. Apabila ponsel dalam keadaan mati saat dicharge atau mengisi ulang daya baterai.

Kenapa harus dalam keadaan mati saat dicharge ?

Karena pada saat smartphone dalam keadaan menyala, aplikasi seperti google app, playstore, messenger, sistem android, dan lain-lain. Akan tetap berjalan. Kamu bisa melihatnya di pengaturan -> aplikasi. Geser ke tab aplikasi yang sedang berjalan. Maka kamu akan melihat semua aplikasi yang sedang berjalan. Apabila posisi baterai sudah terisi penuh maka smartphone otomatis memutus arus. Sedangkan aplikasi yang sedang berjalan tersebut akan memakan daya baterai. Jika berkurang maka smartphone melanjutkan mengisi daya baterainya sampai penuh kembali.

Aplikasi yang sedang berjalan

Proses tersebut akan terjadi berulang-ulang sampai kamu mencabut charge tersebut. Sehingga tidak heran apabila baterai akan menjadi cepat rusak. Selain itu proses tersebut juga dapat membuat smartphone anda terkadang memjadi panas saat dicharge. Dimana dapat membuat komponen lainnya cepat rusak.

Sedangkan apabila smartphone kamu charge dalam keadaan mati. Maka semua aplikasi tidak akan berjalan. Sehingga proses mengisi daya baterai dapat berjalan sempurna. Sehingga JalanKecoa merekomendasikan untuk charge baterai ponsel dalam keadaan mati.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Dampak Baterai Smartphone Terlalu Lama Dicharge